Zul – Empat tahun kepemimpinan Rohmi membuat NTB gemilang: ada program beasiswa 1000 (4)

Zul – Empat tahun kepemimpinan Rohmi membuat NTB gemilang: ada program beasiswa 1000 (4)

Program 1000 Akademisi menjadi salah satu focal point NTB di pemerintahan Gubernur NTB Dr. H. Zulieflimansyah dan Letnan Gubernur Dr. hari ini Sitti Rohmi Djalilah. Ratusan anak NTB difasilitasi untuk mengenyam pendidikan tinggi di berbagai negara, Asia dan Eropa.

Pimpinan Zul-Rohmi menyadari bahwa peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus menjadi investasi daerah yang tak ternilai. Hal ini mendorong Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengalokasikan dana khusus untuk beasiswa.

Program 1000 Cendekia NTB menjadi kontroversi dan dikritik di awal kepemimpinan Zul-Rohmi. Bagaimanapun, satu atau dua tahun telah berlalu, program ini telah menerima banyak pujian. Zul – Rohmi dinilai cocok untuk mengarahkan fokus pada pengembangan sumber daya manusia yang sejajar dengan fokus pembangunan infrastruktur dan ekonomi daerah.

Sejumlah testimoni baik tentang program ini disampaikan oleh para penerima penghargaan. Ratusan siswa melihat dan belajar tentang masa depan, dari negara lain, untuk kembali ke masa kini dan bercerita dengan kontribusi terbaik di bidangnya masing-masing.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Salah satu penerima beasiswa, Mia Riskana, mengaku bangga dan sangat berterima kasih atas Program Beasiswa 1000 NTB.

“Kalau tidak ada program 1000 Cendekia, saya mungkin tidak bisa melanjutkan S2, apalagi di luar negeri. Saya sangat bangga dan mengapresiasi program Zul-Rohmi,” kata Mia.

Gadis asal Mataram ini merupakan salah satu dari lima penerima beasiswa lulusan peraih penghargaan yang melanjutkan studi ke Polandia pada tahun 2019. Dua tahun kuliah di Universitas Warsawa di kota Warsawa, Polandia, Mia adalah salah satu lulusan terbaik.

READ  Manhwa A Fairy Tale for Villains Chapter 20 English Bahasa Indonesia Read Online Gratis

“Saya pergi ke kelas satu dan menghabiskan dua tahun belajar di Polandia dengan gelar master. Bahkan, saya dianugerahi lulusan terbaik universitas,” katanya.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Mia berharap program beasiswa ini terus dilaksanakan untuk anak-anak NTB lainnya. Meski mengakui bahwa investasi di bidang pendidikan tidak serta merta membawa hasil, ia meyakini semakin banyak lulusan beasiswa luar negeri dapat mewarnai masa depan NTB bahkan Indonesia.

“Karena berinvestasi di pendidikan tidak seperti berinvestasi di bisnis. Hasilnya tidak seperti membalikkan telapak tangan. Tapi bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas”, ujarnya.

Menurut Mia, program 1000 Scholar yang menyekolahkan anak-anak NTB ke beberapa negara sangat inovatif. Sebab, di negara lain, bukan hanya ilmu akademis yang didapat di bangku kuliah. Tapi juga pengalaman beradaptasi dan berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh dunia.

“Ini tidak mudah untuk dicapai. Program 1000 Cendekiawan NTB merupakan program yang luar biasa, saya berharap beasiswa ini terus diberikan kepada anak-anak NTB,” ujarnya.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Penerima penghargaan lainnya, Najmul Wathan, juga mengaku bangga bisa melanjutkan studi masternya di negara tetangga Malaysia.

“Saya tidak pernah bermimpi bisa kuliah di luar negeri. Lagi pula, saya hanya anak desa, jauh di pelosok Dompu, dan orang tua saya hanya petani,” kata Najmul.

Selain menimba ilmu di luar negeri, Najmul juga mengaku bisa memperluas wawasan dengan berinteraksi dan memahami pola pikir orang luar.

READ  Pinjaman cicilan 12 bulan online

“Hal yang luar biasa adalah pengalaman belajar di sana, saya bisa menjadi sukarelawan untuk mengajar kelas, saya bahkan membayar biaya universitas dan dengan fasilitas seperti mobil, rumah, dan perabotan yang lengkap”, akunya.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Seperti Mia, Najmul berharap program 1.000 rekan ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak pemuda dan perempuan NTB yang dapat merasakan manfaatnya.

Dalam beberapa wawancara terkait Program 1000 Cendekiawan, Gubernur NTB mengungkapkan optimismenya jika anak-anak NTB diberi kesempatan untuk berkompetisi, kemampuannya tidak akan kalah dengan yang lain.

“Bahkan ketika mereka harus bersosialisasi dan berkompetisi di luar negeri,” kata gubernur.

Ia merasa pengalaman belajar di luar negeri memberikan kepercayaan diri bagi anak-anak NTB untuk memenuhi perkembangan. Baik pembangunan di wilayah NTB maupun secara nasional di Indonesia, bahkan di dunia.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

“Anak-anak NTB ini tercatat jauh lebih unggul di fakultasnya di luar sana. Artinya, semangat mereka mahal dan harus didorong,” ujarnya.

Program 1000 Cendekiawan hanyalah salah satu dari 65 program unggulan Provinsi NTB. Zul – Rohmi memfokuskan program-program tersebut untuk memaknai visi dan misi Gemilang atau negara baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Negara yang makmur dan sejahtera ketika pemimpin dan rakyatnya memiliki visi dan tujuan yang sama.

Di tahun keempat kepemimpinan Zul – Rohmi di NTB, keberhasilan duo dokter ini juga tak lepas dari event internasional yang kini terus digelar secara berkesinambungan. Ini menandai upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi dari kesulitan lokal dan global.

READ  Hapus highlight FB lama dan baru, bisakah?

Event internasional juga membuka peluang pembangunan infrastruktur dan investasi di hampir seluruh wilayah NTB. MXGP di daerah Samota Sumbawa, MotoGP, WSBK, Iron Man, Tambora Sapa Dunia, Konvensi G20 dan lain-lain membentuk peluang ekonomi baru dari tahun keempat dan tahun-tahun sebelumnya.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Tidak berlebihan jika nanti di tahun kelima, seluruh rencana kegiatan ekonomi masyarakat NTB lebih siap bekerja, lebih mandiri dan menghasilkan pendapatan bagi daerah.

Melengkapi keberhasilan tersebut, pengakuan atas prestasi pemerintahan Zul-Rohmi mendapat pengakuan nasional dan internasional. Banyak inovasi dan program pemerintah yang menjadi program strategis nasional dan direplikasi ke daerah lain.

Dengan demikian, penegasan semua dinamika keberhasilan yang dicapai menjadi sebuah prestasi yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Semua capaian dalam pembangunan NTB di tahun keempat kepemimpinan Zul-Rohmi ini merupakan hasil kerjasama antara tokoh dan masyarakat.

Periklanan. Geser untuk melanjutkan membaca.

Dalam hal ground zero sebagai revolusi aksi dan politik. Ketahanan menghadapi tantangan nasional dan ancaman global harus diperkuat dengan melibatkan masyarakat sebagai penerima manfaat dan aktor utama dalam pembangunan.

Pemimpin yang telah mengambil langkah pertama harus terus dibimbing oleh kesetiaan pada tujuan bersama. Agar daerah kecil kita tetap memiliki mimpi yang besar. (sumber: Kominfo NTB)

Ikuti berita Bimakini terbaru di Google News, klik di sini.