Suku bunga bank masih dalam tren menurun

Suku bunga bank masih dalam tren menurun

saluran BEI – Bank Indonesia (BI) menyatakan suku bunga perbankan masih dalam tren menurun. Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan di pasar dana bahwa suku bunga deposito bank satu bulan turun 44 bps menjadi 2,90% pada Agustus 2022 secara reguler. tahun demi tahun (di sana)

Sementara di pasar kredit, suku bunga kredit turun 48 bps pada periode yang sama menjadi 8,94%, tulis Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, dikutip dari situs Bank Indonesia, Kamis (22/9/22).

Erwin menjelaskan, pertumbuhan kredit pada Agustus 2022 tercatat sebesar 10,62% (yoy), ditopang oleh peningkatan semua jenis kredit dan sebagian besar sektor ekonomi.

Pemulihan intermediasi juga terjadi pada perbankan syariah, dengan pertumbuhan pembiayaan sebesar 18,7% (yoy) pada Agustus 2022.

READ  Aplikasi Pembangkit Saldo DANA, Nett Langsung Rp 5 Juta Tanpa KTP, Aplikasi Resmi DANA OJK

“Dari sisi penawaran, perbaikan intermediasi perbankan yang berkesinambungan ditopang oleh standar perkreditan yang masih lemah, sejalan dengan membaiknya minat perbankan untuk menyalurkan kredit, terutama di sektor pertanian, industri, konstruksi dan perdagangan”, jelasnya. .

Dari sisi permintaan, peningkatan intermediasi ditopang oleh berlanjutnya pemulihan kinerja perusahaan dan rumah tangga.

Source : www.idxchannel.com

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi