Sejarah dan evolusi Honda Super Cub

Sejarah dan evolusi Honda Super Cub

Dengan lebih dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia, Honda Super Cub memegang gelar kendaraan bermotor terlaris dalam sejarah.

Super Cub adalah mesin yang memperkuat posisi Honda dan, seperti semua kendaraan ikonik, ada harta karun informasi yang tersembunyi dalam sejarah arsip panjang Honda.

Munculnya motor bebek andalan Honda

soichiro honda
Honda-sensei yang sedang merakit mesin sepeda motor.

Pada tahun 1956, Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa, direktur pelaksana dan salah satu pendiri Honda, melakukan perjalanan ke Eropa untuk mempelajari tren transportasi.

Mereka menemukan perbedaan besar dalam kondisi masing-masing negara dan dalam penggunaan sepeda motor kecil. Oleh karena itu, mereka memutuskan bahwa sesuatu yang berbeda harus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar Jepang.

Gambar
Honda Hobbit PA 50, contoh motor bebek.

Dibutuhkan sepeda motor kecil, tapi bukan moped, bukan skuter. Moped sendiri adalah sepeda motor bebek, istilah ini muncul karena bentuknya seperti bebek, dan di Barat sering disebut sepeda bebektapi moped waktu itu masih ada pedalnya dan lebih mirip motor.

Jadi, untuk membuat mesin baru yang ditujukan untuk menarik massa, tim desain diberikan dua pedoman umum: “Buat sesuatu yang pas di tangan” dan “Buat sesuatu yang mudah dioperasikan”.

Hasilnya adalah Honda Super Cub C100 tahun 1958. Sepeda motor ini menawarkan solusi kebutuhan masyarakat saat itu. Mesinnya adalah 50cc 4 tak dalam konstruksi rangka tulang punggung. Kemampuannya untuk menjelajah melampaui moped yang ada pada saat itu, dan kenyamanan yang ditawarkan oleh sepeda yang masih besar saat itu.

honda super cub c50

Evolusi Honda Super Cub dari waktu ke waktu

1958: Super Cub C100

1958: SUPER CUB C100

Kelahiran moped menandai waktu. Honda Super Cub generasi pertama ini memiliki rangka low backbone, footwell besar, transmisi otomatis kopling sentrifugal 3x, dan mesin OHV 4-tak.

1962: Honda CA100

1962: Honda CA100

Honda CA100 menjadikan sepeda motor Honda sebagai bagian dari budaya Amerika. Model AS berbeda dari model Jepang karena mengakomodasi dua.

1966: Super Cub C50

1966: SUPER CUB C50

Mesin OHC diperkenalkan, membuka jalan bagi desain mesin saat ini. Performa keselamatan telah ditingkatkan dengan lampu yang lebih besar seperti lampu sein dan lampu belakang, dan desainnya telah diubah dengan tetap mempertahankan cita rasa C100.

1978: Super Cub C50

1978: SUPER CUB C50

Detail yang ditingkatkan seperti suara knalpot yang senyap, peningkatan torsi rendah hingga menengah untuk pengendaraan yang lebih mudah dan bertenaga.

Ditambah lagi, pola perpindahan gigi yang lebih mudah digunakan menjadikan Honda Super Cub C50 sebagai motor paling praktis di dunia.

Pelanggan sangat puas karena pengiriman koran atau susu di pagi hari dan pengiriman telegram larut malam menjadi mudah.

1981: CT110

1981: CT110

Sepeda trekking yang fungsional dan mudah dikelola untuk perjalanan santai menikmati keindahan alam seperti hutan atau pegunungan.

Selain mudah dikendarai dan menikmati alam, model yang dikenal dengan nama “Hunter Cub” ini merupakan sepeda dengan nuansa baru, ideal untuk berbagai jenis mengayuh, seperti touring atau bersepeda di pinggiran kota.

1983: Super Cub 50 Super Custom

1983: SUPER CUB 50 SUPER CUSTOM

Model ini adalah Super Cub pertama yang dilengkapi dengan mesin berdesain baru yang menghasilkan penghematan bahan bakar yang luar biasa hingga 180 km/liter.

1991: Standar Super Cub 50

1991: SUPER CUB 50 STANDAR

Perubahan desain termasuk lencana dan garis-garis baru di sampul depan dan sampul samping putih agar sesuai dengan penghangat kaki.

Dengan Honda Super Cub 50 Standard, fungsionalitas ditingkatkan dengan pengukur bahan bakar mekanis, di antara fitur-fitur lainnya.

1998: C100 BIZ

1998: C100 BIZ

Karena pelanggan Brasil menganggap membawa barang bawaan saat mengemudi itu tidak keren, Honda mengembangkan model ini dengan roda belakang yang lebih kecil, sehingga memunculkan Super Cub baru yang cerdas yang mempertahankan performanya sekaligus meningkatkan kapasitas penyimpanannya.

2003: Gelombang 125

2003: WAVE125

Model ini sangat populer di Asia Tenggara, khususnya Thailand. Wave 125 serbaguna dapat digunakan untuk bekerja atau bermain.

2007: Standar Super Cub 50

2007: SUPER CUB 50 STANDAR

Model ini meningkatkan fungsionalitas dan mengurangi guncangan, dilengkapi dengan teknologi Tuff-up Tube asli Honda, yang terdiri dari tabung dua lapis yang disuntik dengan cairan tahan goncangan.

2017: Super Cub 50

2017: ANJING SUPER 50

Lampu depan, kembali ke desain bulat, menampilkan lampu depan LED untuk pertama kalinya dalam seri Super Cub.

Model ini menggabungkan teknologi mutakhir dengan gaya tradisional Honda Super Cub, seperti lencana bertatahkan dengan logo yang mengingatkan pada Cub asli, yang ditempatkan di bagian depan.

pelapukan anak anjing super pink bersamamu

karena sukses waktu bersamamuHonda juga sempat merilis Super Cub 50 dan 110 dalam warna pink, seperti yang ada di film anime Makoto Shinkai.

2022: Super Cub Baru

Model Super Cub terbaru ini hadir dengan tampilan retro modern yang membuat motor ini ramping dan bergaya.

Tak hanya itu, Honda Super Cub 2020 juga hadir dengan dibekali performa lancang dan lincah yang menjadi andalan motor ini. Honda Super Cub 2022 dibanderol dengan harga Rp 55 jutaan dengan segudang fitur dan spesifikasi unggulan.

Source : www.kearipan.com

READ  Pengertian dan beberapa contoh tokoh Litotes dalam kalimat

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi