Menolak kenaikan harga BBM, kerja terus aksi sebulan penuh

Menolak kenaikan harga BBM, kerja terus aksi sebulan penuh

ERA.id – Ketua Umum Partai Buruh sekaligus Ketua KSPI Said Iqbal mengatakan buruh dan Partai Buruh akan menindak kenaikan harga BBM secara gelombang dan bergantian di masing-masing daerah selama bulan September ini.

“Aksi dilakukan setiap hari kecuali Jumat, Sabtu dan Minggu,” kata Said Iqbal dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

Dengan rincian sebagai berikut:

Pada tanggal 8 September, dilakukan tindakan di Sumatera Selatan oleh Partai Buruh dan unsur-unsur serikat pekerja.

12 September, aksi akan digelar di Balai Kota Jakarta. Bersamaan dengan itu, unsur pekerja AGN KSPSI direncanakan akan beraksi untuk ribuan pekerja di depan DPR RI.

Pada 13 September, aksi akan digelar di Kantor Gubernur Banten. Disusul kombinasi buruh, petani, nelayan dan masyarakat miskin kota.

READ  Album Blaq Diamond Umuthi Unduh file zip » Rama31

14 September, aksi akan digelar di masing-masing kabupaten/kota se-Jawa.

15 September, khusus untuk Jawa Barat. Sebanyak 27 kabupaten/kota akan beraksi. Seperti di Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung, dll.

19 September, aksi di seluruh Kepri dan Riau daratan.

20 September, aksi di Jawa Timur dan Sumatera. Provinsi Sumatera di luar Riau dan Kepulauan Riau.

Pada 22 September, aksi dilakukan di Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian timur.

26 September, buruh Jabar melakukan aksi di Gedung Sate. Totalnya bisa mencapai 30 ribu pekerja.

“Itu kan jadwal aksi September. Kalau tidak didengar, Oktober aksi akan ditingkatkan lagi,” kata Said Iqbal.

Puncaknya, pada akhir November, kami bersiap untuk mogok nasional mencegah produksi meninggalkan pabrik. Pemogokan nasional akan diikuti oleh 5 juta pekerja di 15.000 pabrik. Melibatkan 34 provinsi dan 440 kabupaten/kota.

READ  Sinopsis Film anime Drifting Home tayang 16 September 2022 di Netflix The Story of Kosuke and Friends in the Old Building

Said Iqbal mengatakan kenaikan harga BBM akan menurunkan daya beli masyarakat kelas bawah. Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja menyatakan kenaikan gaji 2023 menggunakan PP 36 yang notabene merupakan aturan turunan dari omnibus law UU Cipta Kerja. Artinya, tidak akan ada kenaikan gaji lagi.

“Jadi kami mengajukan tiga pertanyaan. Tolak kenaikan harga BBM, tolak hukum umum dan naikkan upah minimum 2023 10-13%,” katanya.

Ketiga isu ini merupakan satu kesatuan yang akan diperjuangkan oleh kelas pekerja. Menurut dia, strategi yang akan digunakan Partai Buruh adalah bertindak di daerah. Titik aksi di daerah adalah kantor Gubernur, Bupati/Walikota atau DPRD.

READ  Tautan Dr. Frost Episode 223 Subtitle Bahasa Inggris Online

Keluaran yang diharapkan dari aksi daerah ini adalah meminta Gubernur atau Bupati/Walikota untuk membuat surat rekomendasi penolakan kenaikan harga BBM kepada Presiden dan Pimpinan DPR RI.

“Aspirasi daerah harus didengar. Surat rekomendasi penolakan kenaikan harga BBM sudah dikirim ke presiden dan pimpinan DPR. Agar mereka paham bahwa kebijakan pusat telah membuat rakyat di daerah sengsara,” katanya.

Exit kedua, lanjutnya, meminta Gubernur dan Bupati mendesak DPR membentuk panitia khusus BBM.

“Pansur DPR RI diharapkan dapat mengetahui: Mengapa swasta bisa menjual BBM lebih murah? Bagaimana dengan pembiayaan bersubsidi? Apakah ada mafia harga BBM? Dan apa implikasinya terhadap penurunan daya beli?” dikatakan.

Source : era.id

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi