Mengapa BSU tidak mencairkan meskipun sudah lolos verifikasi? ini penyebabnya

Mengapa BSU tidak mencairkan meskipun sudah lolos verifikasi?  ini penyebabnya

Mengapa BSU tidak mencairkan meskipun sudah lolos verifikasi? Saya sering mendapat pertanyaan seperti ini, baik dari teman serumah yang mendaftar, maupun yang menyatakan lulus cek atau gagal.

Lantas, apakah dana Bantuan Subsidi Upah Tenaga Kerja itu benar-benar dicairkan atau tidak? Jawabannya ya, karena pada tanggal 12 September 2022 kemarin banyak masyarakat Indonesia yang menerima BSU melalui rekening Bank Himbara.

Jadi mengapa saya belum melakukannya? Ada beberapa faktor yang menyebabkan dana Tunjangan Gaji milik teman-teman semua tidak bisa dicairkan, tapi jangan khawatir dana tetap cair, hanya butuh waktu sedikit lebih lama dari yang lain.

Baiklah agar teman-teman semua tidak bingung dan bertanya-tanya apa penyebabnya, pelamar yang menganggur akan menjelaskan semua faktor di balik keterlambatan proses pencairan BSU.

READ  Demonstran Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah, Ketua DPRD Jatim Sepakat Tolak Kenaikan BBM

Penyebab dana BSU tidak dicairkan

kenapa BSU tidak dilikuidasi padahal sudah lolos verifikasi

Seperti yang penulis kemukakan di atas, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi dana Bantuan Subsidi atau BSU Ketenagakerjaan yang belum dicairkan meskipun sudah lolos verifikasi, antara lain:

1. Proses pencairan bertahap

Intinya Kementerian Tenaga Kerja akan menyalurkan dana BSU kepada masyarakat Indonesia yang telah dinyatakan berhasil secara bertahap ke rekening masing-masing. Pada tahap pertama, penyaluran dilakukan kepada 947.499 penerima manfaat. Selain proses pencairannya dilakukan secara bertahap, tampaknya proses verifikasi juga dilakukan secara bertahap dari BPJS Ketenagakerjaan hingga Kementerian Tenaga Kerja.

Oleh karena itu, jika lolos verifikasi namun tidak menerima Bantuan Subsidi Upah, kemungkinan penyaluran atau penyerahan dana BSU akan dilakukan pada langkah 2.

Hal ini juga diperkuat dengan hasil wawancara yang dilakukan dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja, Anwar Sanusi, yang menyatakan bahwa pekerja yang terdaftar sebagai penerima BSU tahap 2 dapat menerima bantuan minggu depan. Selain itu, Pak Anwar mengatakan pihaknya telah menerima data 1,25 juta pekerja yang merupakan calon penerima manfaat BSU tahap 2 dari BPJS Ketenagakerjaan.

Jika tenaga kerja yang dinyatakan lulus, maka proses verifikasi keutuhan dan kesesuaian data dengan program PKH, Kartu Prakerja dan BPUM akan dilanjutkan. Nah, setelah proses verifikasi ini selesai, Kementerian Tenaga Kerja akan mengeluarkan surat perintah pembayaran BSU ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Apabila KPPN telah menerima wesel maka KPPN selanjutnya akan menyalurkan dana dari BSU kepada bank-bank penerima Bantuan Subsidi Upah, setiap orang perlu memastikan bahwa bank yang digunakan telah ditentukan bergabung dengan Himpunan Bank-Bank Negara atau Himbara, termasuk BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri, serta Bank Syariah Indonesia (khususnya Aceh).

2. Rekening bank dengan status tidak aktif

Ternyata selain proses pencairan dana BSU dilakukan secara bertahap, ternyata ada faktor lain yang membuat bantuan Anda tidak sampai, yaitu karena rekening bank yang Anda gunakan tidak aktif atau tidak valid. .

Sederhananya, Bantuan Subsidi Gaji merupakan program pemerintah untuk membantu pekerja yang belum mendapatkan bantuan pemerintah, karena dari data Kementerian Tenaga Kerja, sebanyak 42.153 data pekerja gagal diverifikasi karena tercatat sebagai penerima bantuan lainnya. Jadi, sebanyak 10.378 data pekerja dinyatakan tidak ditransfer.

Namun anda semua jangan khawatir, terutama bagi penerima BSU yang mengalami kegagalan transfer, karena dengan begitu akan dibuka rekening kolektif. Selain menunggu, Anda juga dapat memeriksa penerimaan BSU melalui situs web resmi

Namun jangan khawatir, khusus bagi penerima BSU yang mengalami kegagalan transfer akan dibuka rekening kolektif. Cek bpjsketenagakerjaan.go.id. Metodenya seperti yang dijelaskan oleh pelamar yang menganggur di bawah ini:

  • Pertama buka website https://bpjsketenagakerjaan.go.id/bantuan-subsidi-upah.html#page-cek-bsu
  • Kemudian isi NIK sesuai KTP masing-masing
  • Kemudian isi nama lengkap sesuai KTP
  • Isi tanggal lahir, tandai captcha
  • Klik “Lanjutkan”.
  • Selain itu, Anda juga dapat membuka https://kemnaker.go.id/ dan mendaftarkan akun.
  • Di sini Anda hanya perlu mengisi data diri atau profil Anda, maka akan muncul notifikasi apakah Anda terdaftar sebagai penerima gaji BSU atau tidak.

Cara Mudah Mengalahkan Verifikasi BSU Sudah Lulus Tapi Belum Dicairkan

Setelah mengetahui penyebab dana BSU tidak dapat dicairkan ke rekening, dan semua penyebab di atas sudah teratasi namun dana tidak kunjung cair, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan yaitu:

Pertama, Anda bisa langsung menghubungi BSU Ketenagakerjaan dengan menghubungi media sosial seperti Instagram atau Facebook BPJS dan menanyakan tentang pencairan dana BSU yang belum dicairkan selama ini.

Selain jejaring sosial, Anda juga dapat menghubungi kami secara langsung melalui telepon (+6221) 50911333 atau melalui email di bawah ini:

[email protected]

Source : calonpengangguran.com

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi