JPU Tercium Korupsi Anggaran Makan dan Minum Santri Hafalan Al-Quran di Indramayu

JPU Tercium Korupsi Anggaran Makan dan Minum Santri Hafalan Al-Quran di Indramayu

ERA.id – Kejaksaan Negeri Indramayu, Jawa Barat menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembelian makanan dan minuman bagi siswa penghafal Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui program Rumah Tahfidz.

“Kami sudah menetapkan empat orang sebagai tersangka, tapi kemungkinan masih ada tersangka lain,” kata Kepala Intelijen Kejari Indramayu Gunawan beberapa waktu lalu.

Menurut Gunawan, keempat tersangka berinisial A, TH, N dan EN. Dua tersangka, yakni A dan TH, merupakan mantan pegawai Setda Kabupaten Indramayu.

Sedangkan satu tersangka merupakan petugas pengadaan berinisial N dan tersangka lainnya merupakan unsur pelaksana kegiatan berinisial EN.

Gunawan menjelaskan, keempat tersangka tersebut diduga melakukan korupsi dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan makanan dan minuman bagi santri tahfizh, muhafizh dan admin takhasus di Rumah Tahfidz dengan anggaran Rp 1,449 miliar pada tahun 2020.

READ  Jadwal Acara TV di Trans7 dan TransTV Rabu, 31 Agustus 2022

Program pendidikan Rumah Tahfidz ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati Indramayu Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Rumah Tahfidz Al-Qur’an.

Dari kasus ini, negara mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah dan saat ini Kementerian Umum masih melakukan penyelidikan.

“Berdasarkan hasil serangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan, telah diperoleh bukti yang cukup dan telah ditetapkan empat tersangka,” katanya.

Ia menambahkan, penyidikan terhadap keempat tersangka tersebut merupakan langkah awal untuk mengungkap lebih banyak lagi kasus dugaan penyimpangan dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh masing-masing tersangka sesuai fungsinya.

Para tersangka dijerat dengan pasal 2(1) UU Tipikor jo Pasal 55(1 sd 1) KUHP jo Pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 no. 1 banding 1 KUHP.

READ  Yuru Camp 4k - Markotop

Source : era.id

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi