Contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar

Contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar

pdamtirtasukapura.co.id – Ada banyak Contoh surat pengunduran diri karyawan yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Namun, dari sekian banyak surat pengunduran diri, Anda tetap harus selektif dalam memilihnya. Sebab, surat pengunduran diri bersifat formal dan dapat menentukan karir masa depan Anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda ikuti saat Anda mengundurkan diri.

Setelah sekian lama bekerja, mungkin salah satu dari Anda sudah berencana untuk berhenti. Biasanya ketika Anda berhenti Anda memiliki alasan sendiri, misalnya Anda bosan, Anda tidak cocok untuk tempat kerja atau Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda ke level berikutnya. Namun, masalahnya adalah apakah Anda ingin mengajukan pengunduran diri terlebih dahulu. Solusinya agar Anda bisa mengundurkan diri dengan tenang, Anda bisa mengikuti cara pengajuan pengunduran diri Anda di bawah ini.

Cara berhenti dari pekerjaan yang baik

Ketika Anda melamar pekerjaan, maka Anda ingin berhenti. Anda harus menggunakan kata-kata dalam surat pengunduran diri yang baik. Sehingga bisa langsung diproses oleh perusahaan. Di bawah ini, kami akan menunjukkan cara menulis surat pengunduran diri yang baik. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Buat pengaturan untuk pertemuan satu lawan satu

Saat mengajukan pengunduran diri pekerjaan, Anda harus menyerahkan surat pengunduran diri profesional. Sebaiknya dibicarakan dan dibicarakan secara privasi antara Anda sebagai karyawan dengan atasan atau HR di perusahaan. Untuk itu, sangat penting untuk membuat pengaturan one-on-one meeting sebagai bentuk komunikasi dan diskusi dalam pengunduran diri tersebut. Tentu saja, atasan atau DRH Anda akan dengan senang hati menerima undangan Anda.

2. Berikan alasan yang jelas untuk pemecatan dari pekerjaan

Saat ingin mengirimkan surat pengunduran diri, Anda harus menjelaskan dengan jelas alasan pengiriman surat pengunduran diri tersebut. Biasanya, ada beberapa alasan mengapa seorang karyawan mengundurkan diri dari pekerjaannya, yaitu sebagai berikut:

  • Kurangnya penghargaan dan apresiasi
  • Tidak merasakan perkembangan karir selama bekerja
  • Sasaran kinerja kerja yang tidak realistis
  • Dapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik
  • Budaya kerja yang tidak memperhatikan kesehatan mental karyawan

Dengan menyatakan alasan Anda mengundurkan diri, Anda tidak boleh menyinggung atasan atau HR perusahaan. Yang terpenting, dalam menyampaikan alasan ingin mengundurkan diri, Anda harus bijak. Selain itu, Anda juga harus menerima masukan dan saran dari atasan. Dengan menerima umpan balik, Anda dapat memperbaiki dan memperbaiki kekurangan saat Anda bekerja di perusahaan.

READ  Cara Ganti Foto Dengan Banyak Filter, Cukup Voila Apk Let's Go!

3. Memberikan Informasi Pemberhentian

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri bagi karyawannya ketika ingin memberikan informasi tentang PHK. Biasanya Anda harus mengirimkan pengunduran diri Anda terlebih dahulu, seperti 2 minggu, sebulan, bahkan dua bulan sebelum Anda mendaftar lagi. Itu tergantung pada kondisi yang disediakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Sebab, perusahaan juga akan punya waktu untuk mencari penggantinya.

4. Membuat surat pengunduran diri

Untuk mengetahui cara membuat surat pengunduran diri sendiri, Anda harus menggunakan kata-kata yang baik dan tepat. Anda juga harus menunjukkan surat pengunduran diri kepada atasan atau HRD Anda. Kemudian kirimkan surat pengunduran diri Anda terlebih dahulu dan setelah itu Anda dapat dengan jelas menjelaskan alasan yang tepat mengapa Anda mengundurkan diri. Tapi kalau posisinya WFH.

Anda dapat melampirkan surat pengunduran diri Anda melalui email. Setelah email diterima oleh atasan atau HRD Anda, atasan Anda biasanya akan menghubungi Anda melalui telepon. Anda dapat mendiskusikan dan mendiskusikan alasan khusus untuk melanjutkan apa yang tidak disampaikan melalui surat.

5. bersyukur

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat Anda menyerahkan surat pengunduran diri Anda kepada atasan atau HRD dan rekan kerja Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mereka, meskipun Anda telah resmi mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan baru. Tanda syukur bisa dilakukan dengan makan bersama di restoran, pemberian hadiah kecil, pemberian makanan khusus kepada karyawan yang diberhentikan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana cara menulis surat pengunduran diri yang baik?

Bagi Anda yang tidak tahu cara menulis surat pengunduran diri yang baik. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, agar tidak melakukan kesalahan saat membuat surat pengunduran diri. Cara membuatnya sangat mudah, di bawah ini kami akan memberikan format dan apa yang harus dilakukan saat menulis surat pengunduran diri. Formatnya adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi dan tanggal surat lengkap dikirim.
  2. Pihak yang dituju, seperti atasan atau DRH.
  3. Jangan lupa untuk menulis salam pembuka.
  4. Nama lengkap dan alamat lengkap perusahaan.
  5. Identitas seperti nama lengkap, NIK, jabatan dan jurusan.
  6. Alasan pengabaian dan tanggal pengajuan pengabaian.
  7. Terima kasih kepada atasan Anda, DRH dan juga rekan-rekan Anda. Tak lupa, Anda juga mohon maaf jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja selama bekerja di perusahaan tersebut.
  8. Penutupan.
  9. Nama lengkap diikuti dengan tanda tangan.
READ  Permainan Tenis Meja (SMP/MTs Kelas 7)

Ini adalah format yang harus Anda gunakan saat menulis surat pengunduran diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk kejelasan dan untuk Anda pahami lebih baik saat menulis surat pengunduran diri. Anda dapat melihat beberapa contoh surat pengunduran diri sebagai berikut.

Beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik

Setelah mengetahui format penulisan surat pengunduran diri, tentunya Anda bisa membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Namun, jika Anda tidak mengerti atau tidak mengerti bagaimana melakukannya, Anda dapat melihat contoh di bawah ini. Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh cara membuat surat pengunduran diri karyawan yang baik, yaitu:

1. Contoh surat resmi pemberhentian karyawan

Bandung, 4 Januari 2021

Sayang,
Manajer Umum PT. Pekerjaan Abadi
Jalan Dr Djundjunan, Bandung.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Devani
NIK: 2018050312679
Jabatan : Analis Pengembangan Bisnis
Departemen: Penjualan

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri sebagai Business Development Analyst di PT. Karya Karsa Abadi dimulai pada 4 Januari 2021.

Terima kasih karena PT. Karya Karsa Abadi memberi saya kesempatan untuk bekerja, belajar dan mengembangkan diri selama 4 tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan kerja saya atas banyak kerjasama mereka dalam mencapai tujuan perusahaan.

Saya mohon maaf sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak menjadi bagian dari PT lagi. Karya Abadi Karsa. Jangan lupa untuk meminta maaf atas segala kesalahan yang mungkin saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT. Karya Abadi Karsa.

Demikian surat ini saya tulis dan kirimkan dengan sejujur-jujurnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

READ  7 Jenis Obat Yang Harus Diminum Anak-Anak

Salamku,

[Tanda tangan]

Muhammad Devani

2. Contoh surat pengunduran diri pegawai nonformal melalui email

Sebelum mengirim email pengunduran diri, pastikan Anda telah menulis subjek email yang benar.

Untuk : [alamat email atasanmu]

Subjek : Presentasi Pengabaian – [Nama kamu]

Sayang,
Direktur Kreatif PT. kreasi Nusantara
di tempat itu.

Salam,

Melalui pesan ini, saya, Karina Kurniawan, telah mengajukan pengunduran diri dari posisi Redaktur Senior di PT. Nusantara Creative Creations per 4 Januari 2021.

Terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara memberi saya kesempatan untuk bekerja, belajar dan berkembang dengan 5 tahun pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang telah banyak bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

Saya mohon maaf jika ada banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Penciptaan Nusantara.

Demikian pesan yang saya buat ini, saya harap Anda dapat menerimanya.

Salamku

Karina Kurniawan

3. Contoh surat pengunduran diri karyawan karena pindah ke perusahaan lain

Bekasi, 4 Januari 2021

Sayang,
DRH PT. kreasi Nusantara
di Bekasi

Salam,

Melalui surat ini saya, Karina Kurniawan, mengajukan pengunduran diri sebagai Redaktur Senior di PT. Kreasi Nusantara per 4 Januari 2021.

Terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara memberi saya kesempatan untuk bekerja, belajar dan berkembang dengan 5 tahun pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang telah banyak bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

Saya mohon maaf jika ada banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Penciptaan Nusantara.

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Salamku,

[Tanda tangan]

Karina Kurniawan

Itulah beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi saat menulis surat pengunduran diri karyawan. Dengan contoh di atas, Anda dapat menulis surat pengunduran diri yang bagus dan sopan.

Penutupan

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Template Surat Pemberhentian Karyawan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih telah membaca sampai akhir. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Source : www.pdamtirtasukapura.co.id

Artikel Kata Kunci:

  • contoh surat pengunduran diri

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi