Cara memeriksa tahun pembuatan mobil dari nomor sasis mobil

Cara memeriksa tahun pembuatan mobil dari nomor sasis mobil

Banyak dari kita yang tidak tahu bahwa tahun pembuatan mobil bisa dilihat pada nomor rangkanya. Berikut cara mengecek tahun pembuatan mobil dari nomor rangka.

Mengapa penting untuk mengetahui tahun pembuatan mobil dengan nomor sasis? Pengetahuan ini akan berguna ketika Anda ingin membeli mobil bekas dan perlu memeriksa tahun pembuatan mobil tanpa melihat STNK atau BPKB.

Nomor bingkai itu sendiri bukan hanya rangkaian 17 kode huruf dan angka yang tidak berarti. Kode disusun menurut standar internasional, sehingga harus melambangkan informasi tentang mobil.

Cara memeriksa tahun pembuatan mobil dari nomor rangka

Semua kode huruf dan angka pada nomor rangka mobil dikenal dengan Vehicle Identification Number atau VIN. Menurut beberapa sumber, ada berbagai format VIN yang digunakan di seluruh dunia.

Format VIN yang digunakan di Indonesia mengacu pada standar ISO 3779. Oleh karena itu, VIN pada kendaraan di Indonesia terdiri dari 17 digit dan dibagi menjadi tiga bagian.

Sebagai contoh, kami akan menggunakan nomor bingkai berikut: HJJBA 5 5 A 2 CK 0 1 7 6 4 8. Dari contoh bagian nomor rangka menurut standar ISO 3779 adalah sebagai berikut:

  • 3 digit pertama WMI (World Manufacturer Identifier): HJJ
  • Digit ke 4-9 VDS (Bagian Deskriptor Kendaraan): BA 5 5 A 2
  • 8 digit terakhir adalah VIS (Vehicle Identifier Section): CK 0 1 7 6 4 8

Cara mengetahui tahun pembuatan mobil dari nomor rangka

Lantas, bagaimana cara mengetahui tahun pembuatan mobil dari nomor sasis atau VIN? Untuk mengetahui tahun produksi mobil Anda, Anda bisa merujuk pada kode huruf nomor rangka (VIN) pada angka 10.

Model mobil dari 2010 hingga 2030 akan dilambangkan dengan huruf dari huruf “A” hingga “Y” (tidak termasuk huruf “I”, “O”, “Q” dan “U”).

Sementara itu, mobil yang diproduksi sebelum 2010 akan dilambangkan dengan kode huruf B sampai Y, masing-masing, yang menunjukkan tahun produksi 1980 hingga 2000.

Jadi kode nomor 1, 2, 3, sampai 9, berarti model mobil 2001-2009.

Jika ingin mengecek bulan produksi mobil, bisa cek dari kode huruf selanjutnya (kode ke-11). Dengan kode dari “A” hingga “M” (kecuali “I”), menunjukkan bulan dari Januari hingga Desember.

Jika melihat contoh nomor urut di atas, string kode ke-10 adalah huruf “C” dan string kode ke-11 adalah huruf “K”.

Artinya mobil yang memiliki nomor sasis ini diproduksi pada tahun 2012 yang dilambangkan dengan huruf C, pada bulan Oktober yang dilambangkan dengan huruf K.

tabel kode bingkai ke-10

Berikut adalah tabel arti dari kode nomor rangka ke 10 yang melambangkan tahun pembuatan mobil :

Kode huruf ke-10 nomor rangka (VIN) Tahun pembuatan mobil
SATU 2010
B 2011
C 2012
D 2013
DAN 2014
F 2015
G 2016
H 2017
J 2018
K 2019
Saya 2020
M 2021
Tidak 2022
P 2023
R 2024
s 2025
T 2026
V 2027
C 2028
X 2029
s 2030

tabel kode sasis ke-11

Sementara itu, berikut tabel arti kode nomor rangka ke-11 yang melambangkan bulan pembuatan mobil:

Kode huruf ke-11 nomor rangka (VIN) Bulan produksi kendaraan
SATU Januari
B Februari
C Berbaris
D April
DAN Mei
F Juni
G Juli
H Agustus
J September
K Oktober
Saya November
M Desember

Alasan perlu tahu tahun pembuatan mobil

Bagi sebagian pemilik kendaraan, mengetahui cara mengecek tahun pembuatan mobil dari nomor sasis dianggap tidak penting.

Namun, ada kondisi di mana kita sangat perlu mengetahui informasi tentang tahun produksi mobil tersebut. Berikut beberapa alasan mengapa kita perlu mengetahui tahun pembuatan mobil:

  • Saat ada iklan untuk mengingat atau menarik kembali mobil dari pabrikan, untuk mengganti suku cadang atau suku cadang ponsel tepat untuk alasan keamanan. Di sinilah kita perlu menentukan apakah tahun produksi mobil kita terkena recall.
  • Ketika Anda ingin membeli mobil bekas. Anda perlu memastikan bahwa mobil ditarik kembali oleh pabrikan dan komponen mobil diganti oleh pabrikan.
  • Agar Anda tidak salah dalam membeli suku cadang saat mobil kesayangan Anda perlu mengganti komponen tertentu. Karena mobil dengan merek dan tipe yang sama dapat memiliki komponen yang berbeda jika tahun pembuatannya tidak sama.

Cara lain untuk memeriksa tahun pembuatan mobil

Selain nomor rangka, ada beberapa cara lain untuk mengetahui tahun pembuatan mobil kesayangan Anda.

Berikut beberapa cara lain untuk mengetahui tahun pembuatan mobil selain nomor rangka mobil:

1. Lihat stiker di bodywork

Mobil biasanya memiliki stiker informasi yang ditempelkan pada bodywork. Salah satu informasi yang tertera pada stiker tersebut adalah tahun pembuatan mobil tersebut. Beberapa mobil memiliki lebih dari 1 stiker informasi.

Jadi Anda bisa mengecek satu per satu stiker informasi yang ditempel di bodi mobil. Biasanya, bulan dan tahun pembuatan mobil kemungkinan besar ada di baris pertama stiker.

2. Cek tahun pembuatan melalui Samsat Online

Ini adalah cara paling akurat untuk memeriksa tahun pembuatan kendaraan. Namun, e-Samsat terhubung berbeda untuk setiap provinsi di Indonesia.

Metode ini dapat dianggap paling akurat untuk memverifikasi tahun pembuatan mobil karena data kendaraan diambil langsung dari database Samsat. Berikut daftar link e-Samsat terhubung berbeda dengan provinsi.

nama provinsi alamat e-Samsat online
Jawa Timur https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa barat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
Jakarta https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
Yogyakarta http://infonjkbdiy.com/
Aceh https://esamsat.acehprov.go.id/
Sumatera Barat https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html
Sumatera Utara https://bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php
selatan sumatera http://bapenda.sumselprov.go.id/index.php/page/kategori/
Jambi http://jambisamsat.net/infopkb.html
Riau https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
Kepulauan Riau http://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/
Kalimantan Tengah https://info.samsatkalteng.id/
Kalimantan Timur http://simpator.kalimprov.go.id/cari.php
Kalimantan Selatan http://bakeudakalsel.info/
Kalimantan Utara Aplikasi Kalimantan Utara dan Samsat (Instal)
Sulawesi Tengah https://dispenda.sultengprov.go.id/pkb
Sulawesi Utara http://dispenda.sulutprov.go.id/index.php?page=cekpajak
Bali https://portal.bpdbali.id/infosamsat/
NTB https://bappenda.ntbprov.go.id/page/informasi/info_pkb.php
maluku utara http://36.67.28.171/Kiosk/Kiosk.aspx

3. Menghitung tahun di plat nomor

Cara kedua untuk mengecek tahun pembuatan mobil adalah dari plat nomor mobil. bagaimana kami bisa tahu plat nomor kendaraan mobil akan diperbarui setiap 5 tahun sekali.

Anda dapat menggunakan tolok ukur 5 tahun dan kelipatannya untuk memperkirakan tahun pembuatan mobil.

Langkah pertama adalah memeriksa nomor bulan dan tahun di bagian bawah plat nomor. Kita ambil contoh saja angka yang ada di bawah plat nomor adalah: 02 – 23 yang artinya masa aktif plat nomor ini sampai dengan 2 bulan dari tahun 2023.

Kurangi angka tahun dengan 5 atau kelipatannya. Jadi, kemungkinan tahun pembuatan mobil adalah: 2018 (dikurangi 5 tahun), 2013 (dikurangi 10 tahun) atau 2008 (dikurangi 15 tahun).

Kemudian Anda bisa memperkirakan tahun pembuatan mobil tersebut dengan menggabungkan tahun mobil tersebut resmi dirilis.

Cara membaca nomor rangka mobil

Nomor sasis atau VIN kendaraan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 3 digit pertama WMI (World Manufacturer Identifier), 4 hingga 9 digit VDS (Vehicle Descriptor Section) dan 8 digit terakhir VIS ( Bagian Pengenal Kendaraan).

Misalnya, nomor pesanan yang akan kami periksa adalah: MHYKZE 8 1 SCJ 1 1 5 0 4 5. Dari contoh ini, cara membaca nomor bingkai adalah sebagai berikut:

  • Kode 1 dan 2 yaitu MH, menunjukkan negara tempat kendaraan dirakit. Untuk Indonesia, kodenya adalah MF untuk MK.
  • Kemudian angka ketiga dalam bingkai kode adalah kode lokasi pabrikan kendaraan. Pada nomor rangka di atas, ‘Y’ adalah simbol pabrikan Suzuki. Beberapa kode untuk pabrikan lain adalah F untuk Toyota, R untuk Honda, K untuk Daihatsu.
  • Kode ke 4 sd 8, “KZE81” adalah Bagian Penjelas Kendaraan yang berisi tentang jenis kendaraan, meliputi jenis mesin, model kendaraan, dan jenis badan kendaraan. Setiap produsen mobil memiliki sistem unik untuk menggambarkannya.
  • Kode ke-9 adalah “S”, yang merupakan Check Digit.
  • Kode 10 sd 17 adalah kode tahun dan urut nomor produksi. Kode ke-10, “C”, adalah kode tahun produksi. Kemudian kode 11 sampai 17 adalah nomor seri produksi kendaraan tersebut. Urutan nomor 10 adalah tahun produksi kendaraan.
  • Kode ke-11 adalah “J” Ini adalah kode pabrik perusahaan
  • Kode ke-12 adalah “1”, yang merupakan nomor tipe kendaraan pabrikan.
  • Sedangkan kode 13 sd 17 yaitu “15045”, adalah nomor seri kendaraan.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Biaya service dan perawatan mobil tentunya tidak murah. Jangan sampai biaya perawatan mobil kesayangan membanjiri pengeluaran Anda.

Mahalnya biaya perbaikan mobil bisa diantisipasi dengan asuransi mobil. Agar tidak bingung menentukan asuransi mobilcoba tonton video dibawah ini.

Manfaatkan asuransi mobil semua resiko jadi anda tidak perlu lagi khawatir dengan tagihan bengkel karena anda dijamin biaya perbaikan kerusakan kecil dan berat, bahkan mendapatkan ganti rugi atas kerugian akibat pencurian.

Jika diperlukan, perlindungan tambahan seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya perawatan rumah sakit yang mahal di tengah wabah virus saat ini juga sangat dibutuhkan.

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi Anda dan keluarga dari beban keuangan saat tertanggung meninggal dunia. Anda bisa mendapatkan semua produk asuransi terbaik di Lifepal, hemat hingga 25% lebih!

FAQ tentang cara memeriksa tahun pembuatan mobil dari nomor rangka

Source : lifepal.co.id

READ  Event FF 2022.com Klaim Spin Bundle, Skin, Diamond Free Fire

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi