Cara cek nomor BPOM pada produk yang Anda beli

Cara cek nomor BPOM pada produk yang Anda beli

Seperti yang kita ketahui, kosmetik, makanan, suplemen dan lain-lain memiliki nomor BPOM sebagai otorisasi atau legalitas bahwa produk tersebut asli dan aman (tidak mengandung bahan berbahaya) untuk digunakan. Kita sebenarnya bisa memverifikasi produk dengan nomor BPOM lho! Cara cek nomor BPOM tentunya bisa kita lakukan sendiri.

Cara verifikasi BPOM dengan website resmi BPOM

Cara cek nomor BPOM

Produk bernomor Badan Pengawas Obat dan Makanan atau biasa disebut BPOM menunjukkan bahwa produk yang beredar aman dari segi bahan, kemasan dan manfaat. Sebagai konsumen tentunya kita harus mengetahui dan memahami cara pengecekan BPOM pada produk yang akan kita gunakan.

Produk perawatan kulit seperti MS Glow Scarlett, Biore, Garnier dan brand besar tentunya sudah terdaftar di BPOM. Tetapi jika kita membeli produk perawatan kulit terhubung seperti krim pemutih, lipstikatau bahkan makanan tunggal belum tentu memiliki izin BPOM.

Nah, kabar baiknya, sekarang kita bisa memverifikasi apakah produk tersebut memiliki izin BPOM atau tidak, dengan menggunakan fitur verifikasi produk BPOM di situs resmi BPOM. Dimana fitur ini dapat menampilkan nomor registrasi setiap kosmetik, obat dan makanan yang telah diawasi oleh BPOM.

Sehingga kita dapat memilih dan mengklasifikasikan produk yang akan digunakan dan mengetahui keaslian produk tersebut. Apalagi sekarang ada begitu banyak perawatan kulit beredar di toko-toko terhubung. Cara cek nomor BPOM pertama yang bisa Anda lakukan adalah melalui website BPOM, seperti di bawah ini:

Cara cek nomor BPOM

  1. buka peramban

    Pertama, buka browser di ponsel atau laptop Anda dan pastikan terhubung ke jaringan internet.

  2. Buka situs verifikasi BPOM

    Kemudian kunjungi situs verifikasi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/

  3. Pilih fitur verifikasi BPOM

    Setelah masuk ke halaman utama, Anda akan melihat fitur verifikasi BPOM untuk produk tersebut.

  4. Cek BPOM sesuai keinginan kamu

    Silahkan cari sesuai keinginan Anda (nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah dan kemasan, bentuk kemasan, komposisi dan nama pendaftar).

  5. Masukkan kata kunci

    Kemudian Anda dapat memasukkan kata kunci. Misalnya mencari nomor registrasi dan memasukkan nomor registrasi BPOM pada kemasan produk. Jika Anda ingin mencari berdasarkan nama, Anda dapat menulis nama produk.

  6. verifikasi produk

    Jika ya, tekan saja Melihat ke.

  7. Informasi produk akan ditampilkan

    Jika produk terdaftar di BPOM, informasi terkait akan muncul Nomor pendaftaran, produkdan pendaftar.

Cara cek nomor BPOM sangat mudah melalui website ini. Sobat mungkin menemukan produk seperti pelembab dan krim palsu atau asli, dan sebagainya. Silahkan teman-teman mencobanya bagi yang penasaran dengan produk kosmetik atau perawatan kulit apa yang kamu beli di toko? terhubung.

Cara cek produk yang sudah ditarik dari peredaran

Jadi, jika Anda ingin memverifikasi produk yang ditarik dari pasaran karena belum diverifikasi atau karena berbahaya atau alasan lain, Anda juga dapat memverifikasi melalui langkah-langkah berikut:

  • Buka tab browser dan masuk ke halaman resmi BPOM, www.pom.go.id
  • Kemudian pilih opsi menu Daftar Produk.
  • Setelah masuk ke Daftar ProdukAnda dapat mengklik opsi “Produk ditarik“.
  • Jadi di “Produk ditarik“, Anda akan melihat opsi produksekarang Anda dapat mencari dari obat hingga makanan di kolom pencarian.
  • Anda dapat memilih menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, untuk NPWP pendaftar di fitur pencarian.
  • Terakhir, jika sudah menentukan apa yang Anda maksud, klik saja, maka akan muncul produk yang ditarik oleh BPOM, serta faktor-faktor yang menyebabkan produk tersebut ditarik dari pasaran.
READ  Daftar game perang offline terbaik saat ini versi terbaru 2022

Berikut cara cek nomor BPOM dan produk yang dikeluarkan BPOM yang bisa Anda lakukan di HP, atau di komputer melalui menu di website BPOM.

Cek BPOM melalui aplikasi cek BPOM

Cek BPOM dengan Aplikasi Pemeriksa BPOM

Selain cek nomor BPOM produk melalui website, kamu juga bisa cek nomor BPOM produk melalui aplikasi. Melalui aplikasi menurut kami lebih cepat dan tidak kalah mudah, berikut cara konsultasi ke BPOM melalui aplikasi Cek BPOM:

  • tolong dulu unduh berlangganan ‘Cek BPOM‘ di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.
  • Setelah terinstal di ponsel, segera buka aplikasi Cek BPOM.
  • Di halaman utama, Anda dapat memilih menu “Semua produk“.
  • Kemudian cari berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Kemudian pilih “Nomor pendaftaran“, dan masukkan nomor BPOM untuk informasi produk.
  • Jika produk sudah mendapatkan izin BPOM, akan muncul informasi detail tentang perizinan BPOM.

Bagaimana jika pencarian produk tidak muncul di fitur verifikasi BPOM? Anda dapat menghubungi Contact Center BPOM (150533) yang dapat ditemukan di situs resmi BPOM.

Scan barcode BPOM produk

Selain bisa cek BPOM produk melalui nomor registrasi juga bisa memindai kode batang melalui aplikasi Cek BPOM untuk mengenal produk perawatan kulitkosmetika atau pangan yang diperoleh atau tidak memperoleh izin BPOM.

Nah, untuk langkah-langkahnya berikut ini:

  • Sobat dapat mengizinkan GPS dan Kamera ketika ada permintaan izin (ini wajib karena pemindaian barcode membutuhkan data GPS pengguna.
  • Kemudian Anda dapat mengarahkan kamera ke 2D Bacode/QR Code.
  • Setelah itu, sistem akan mengenali 2D Bacode/QR Code secara otomatis dan membaca kode tersebut.
  • Kemudian akan muncul hasil dan opsi lain yang relevan: Daftar produk yang dipindai.
  • Jika tidak bisa, Anda bisa memasukkan NIE jika datanya tidak ditemukan.
READ  33+ hiasan dinding untuk kelas estetika SMA

Sebagai informasi, jika Anda tidak dapat memindai, periksa apakah Aplikasi Seluler BPOM telah diberikan izin akses untuk menggunakan GPS (Lokasi) dan Kamera. silahkan teman-teman bisa pergi Pengaturan Android > aplikasi > BPOM seluler > Izin atau izin.

Pastikan ponsel Anda terhubung ke jaringan internet untuk mengakses aplikasi pengecekan BPOM ini.

Barcode Pemindaian BPOM dengan BPOM Mobile

Cara cek nomor BPOM

Jika menurut Anda menggunakan aplikasi ini agak rumit karena Anda harus unduh dan Install Pertama-tama, Anda juga dapat menggunakan situs web BPOM Mobile untuk mengetahui cara memeriksa nomor BPOM produk kecantikan atau makanan.

Untuk langkah-langkahnya sangat mudah, Anda bisa mengikutinya sebagai berikut:

  • Langkah pertama silahkan masuk ke browser handphone atau PC anda.
  • Kemudian Anda dapat pergi ke https://bpommobile.pom.go.id/tabs/home.
  • Nah, di halaman ini akan ada beberapa pilihan menu.
  • Anda dapat mengklik menu verifikasi produkatau klik langsung pada ikon foto (tombol bulat biru).
  • Kemudian arahkan ke produk yang memiliki kode batang BPOM
  • Jika produk terdaftar, akan ditampilkan informasi detail tentang perizinan BPOM dari produk yang dipindai kode batang BPOM

Di situs web BPOMMobile, Anda tidak hanya dapat melakukan ini memindai kode batangSobat juga bisa mendapatkan layanan lainnya seperti pengecekan izin edar, berita seputar produk dan kosmetik yang bisa dibaca, history memindaidan link aplikasi BPOM.

Sebagai? verifikasi BPOM kode batang lebih praktis bukan dengan situs ini? silakan menikmati sumber daya yang ada di sini.

Cek merk kosmetik di website resmi BPOM

Jika Anda tidak menemukan nomor registrasi BPOM pada kemasan kosmetik Anda, Anda juga bisa mengeceknya berdasarkan nama produk, merek dan format produk kosmetik di situs resmi BPOM. Karena ada daftar informasi produk yang sudah terdaftar, dan memiliki izin edar.

Sebagai informasi, menurut review.bukalapak.comjika Anda mencari berdasarkan merek kosmetik, Anda dapat menemukan semua jenis produk dari merek itu, Apakah kamu tahu?. Termasuk produk yang belum meluncurkan ke pasar.

Cara cek nomor BPOM

Jangan lupa juga ikuti anjuran BPOM untuk pengecekan produk khususnya kosmetik seperti pengecekan kemasan, pengecekan izin edar, pengecekan label dan pengecekan tanggal kadaluarsa.

Jika merasa ada masalah saat melakukan pengecekan, silahkan hubungi BPOM melalui layanan pengaduan resmi.

Bagaimana cara melaporkan BPOM

Cara cek nomor BPOM dan cara lapornya

Tentunya sebagai konsumen kita harus ikut serta untuk saling meyakinkan mengenai produk-produk yang tidak berizin BPOM yang kita jumpai.

Tidak hanya dengan mengecek BPOM, sebagai orang Indonesia kita juga bisa ikut serta dalam notifikasi produk yang diduga mengandung bahan berbahaya yang berdampak kesehatan.

READ  Prediksi Bola Kanada vs Uruguay, 27 September 2022: Jadwal Tes Selasa ini

Adapun cara melaporkan BPOM bisa dilakukan dimana saja dengan menggunakan terhubung. Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan buka peramban.
  • Kemudian buka https://ulpk.pom.go.id/
  • Setelah memasuki halaman utama, Anda dapat memilih opsi menu Formulir pengaduan di bilah menu di atas.
  • Kemudian Anda bisa mulai melakukan komplain dengan mengisi nama lengkap Anda, apa yang ingin Anda adukan, alamat pembelian produk, dokumen pendukung (seperti foto atau video) dan lain-lain.
  • Periksa kembali data yang dimasukkan.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa mengklik tombol submit.
  • Kemudian, BPOM akan melakukan proses pengaduan.
  • Anda mungkin akan menerima pesan balasan yang dikirim melalui email atau nomor telepon.

Sebagai informasi, pada kolom bintang merah wajib diisi dan tidak boleh kosong. Untuk kolom yang tidak ada artinya opsional (Anda bebas mengisinya atau tidak).

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi halaman resmi di alamat website yang telah kami sediakan di atas, atau Anda juga dapat mengakses kontak pengaduan di bawah ini.

Unit Layanan Pengaduan Pelanggan

Berdasarkan informasi dari Unit Layanan Pengaduan Konsumen yang kami kutip langsung melalui https://ulpk.pom.go.id/Sobat dapat mengajukan pertanyaan, saran dan pengaduan di Layanan Umum Pengaduan dan Informasi Obat dan Makanan melalui:

  • WhatsApp: 081 191 81 533
  • Telepon: 021-4263333
  • Email: [email protected]
  • Instagram: @birohukorbpom
  • Subsitus: ulpk.pom.go.id
  • Atau datang langsung ke Gedung Layanan Umum (Gedung B) Lantai 6, Jl. Kesan Negara No. 23, Jakarta Pusat.

Tentunya dengan layanan pengaduan yang sepenuhnya disediakan oleh BPOM, akan memudahkan kami untuk bertanya, atau menginformasikan jika ada hal-hal yang perlu disampaikan.

Syarat membuat kosmetik

Sebagai tambahan informasi yang kami rangkum dari website BPOM tentang persyaratan pembuatan kosmetika, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1176/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Pemberitahuan Kosmetika Kosmetika yang akan diproduksi dan/atau diedarkan di Indonesia harus dibuat dengan menerapkan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), yang meliputi persyaratan keamanan, bahan, penandaan, dan pernyataan.

Kosmetik tersebut harus telah diberitahukan bahwa telah diserahkan oleh pemohon kepada Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Untuk aturan lengkapnya bisa diunduh melalui jdih.pom.go.id.

Baca Juga: Cara Cek Resi JNE Dan Berbagai Kiriman Lainnya Dengan Mudah!

akhir kata

Ini adalah pembahasan cara cek nomor BPOM dengan website resmi dan cara cek BPOM dengan aplikasi menggunakan memindai kode batang apa yang bisa kita katakan. Sebagai? sangat mudah bukan? silakan ikuti saya.

Semoga bermanfaat, dan silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu. ️

Source : www.androidponsel.com

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi