Berikut cara menyalakan lampu motor arus AC

Berikut cara menyalakan lampu motor arus AC

Bagi anda yang memiliki sepeda motor dengan sistem kelistrikan AC dan merasa lampu kurang terang, maka anda harus membaca postingan ini. Berikut ini kami akan membagikan panduan cara menyalakan lampu mesin AC.

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kenali dulu apa pengertian AC saat ini pada sebuah mesin.

Berikut cara menyalakan lampu motor arus AC

Kami dapat membuat arus bolak-balik di sepeda motor atau sepeda motor jenis angsa selama bertahun-tahun. Pada mesin yang menggunakan daya AC, daya listrik ke lampu depan akan disuplai langsung dari spool.

Reservoir digerakkan oleh poros engkol dan besarnya arus yang dibutuhkan akan dikontrol oleh kiprok agar lampu tidak rusak.

Selain itu, lampu depan yang menggunakan daya AC hanya bisa menyala saat mesin dihidupkan. Dimensi arus listrik erat kaitannya dengan ketangkasan motor motor.

Jika mesin tidak berjalan cepat, lampu depan akan padam bahkan mati. Di sisi lain, saat mesin hidup, lampu akan terang.

Oleh karena itu, pada sistem kelistrikan AC, saat mesin dalam keadaan idle, lampu depan padam. Lampu akan kembali terang setelah mesin dihidupkan kembali di atas 2000 rpm.

Kelebihan dan kekurangan arus AC pada motor

Haris Setiawan, organ HRS Motor, mengatakan meskipun sistem AC ini memiliki arus yang lebih kecil, namun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan arus listrik motor DC.

Arus AC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan arus DC. Keunggulannya antara lain, daya aki mesin yang kuat akan lebih awet dan tidak mudah aus,” ujar pria ramah bernama Viray ini.

Dijelaskan pula oleh Viray, hal ini dikarenakan baterai hanya terisi saat sistem diaktifkan. Baterai baru akan menghasilkan arus listrik saat diaktifkan ditekan.

Setelah itu, listrik yang didapat baru bisa digunakan, termasuk untuk menyalakan lampu depan alat transportasi.

Pada daya AC, lampu mesin depan hanya bisa menyala saat dibutuhkan dengan menyalakan tombol sakelar.

Jadi ketika Anda tidak membutuhkan lampu, Anda tidak perlu menyalakannya. Juga, pengendara sepeda motor dapat mengubah tekanan dengan menambah atau mengurangi.

Hanya saja untuk mesin yang menganut sistem arus listrik AC, konsumen sepeda motor sering menangis saat lampu kurang terang. Padahal, hal ini sangat mengganggu pikiran pengemudi, terutama saat berkendara di malam hari.

“Jadi untuk mesin bertenaga AC banyak yang mengeluhkan lampunya kurang terang. Itu sebenarnya dipengaruhi oleh dimensi rpm gas mesin. Ya bisa saja saat rpm kecil, lampunya kurang atau gelap,” kata Viray.

Mengurangi daya lampu bisa membuat lampu motor lebih terang

Cara membuat lampu sepeda motor bersih untuk arus listrik AC memang tidak mudah. Viray menginformasikan, karena lampu sangat bergantung pada putaran mesin sepeda motor.

“Tidak mudah, seperti yang saya katakan tadi, lampu itu berkaitan dengan putaran mesin itu sendiri,” kata Viray.

Namun, Viray mengatakan ada beberapa solusi yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda menginginkan lampu depan sepeda motor yang lebih jernih.

Metode awal adalah dengan mengurangi kapasitas daya lampu esensial mesin. Cara ini biasanya bisa membantu, jadi cahayanya sedikit lebih terang dari sebelumnya.

“Biasanya jika bohlam standar menggunakan daya 25 watt atau 12 volt, kita bisa menggantinya dengan yang lebih kecil, yaitu bohlam 15 atau 10 watt dengan tekanan 12 volt. Jika memungkinkan, gunakan bohlam yang tampak agak kebiruan. .” agar pantulan cahayanya lebih baik”, kata Viray.

Gunakan Relay Sebagai Cara Membuat Lampu Motor AC Terang

Viray mengatakan Anda juga bisa menyiasatinya dengan sirkuit listrik dengan impuls bagian yang disebut relai. Ini adalah salah satu cara untuk menerangi lampu motor AC saat ini.

Susunan kelistrikan ini akan membantu suplai listrik ke lampu utama langsung dari aki mesin. Dengan impuls berantai, arus listrik akan diperkuat untuk keinginan pencerahan.

“Jadi kita bisa memodifikasinya menggunakan rangkaian relay listrik. Sirkuit ini dapat membantu menyediakan kebutuhan listrik untuk lampu-lampu penting. Di mana, daya baterai ditransmisikan langsung melalui sirkuit berbantuan arus untuk mengoptimalkan kebutuhan listrik di lampu utama mesin,” kata Viray.

Selain solusi yang sangat mudah di atas, cara terakhir yang direkomendasikan Viray sebagai cara untuk menyalakan lampu motor AC saat ini adalah dengan mengganti sistem kelistrikannya. Dari AC ke DC.

“Betul, apa lagi yang bisa saya lakukan, arus listrik AC sangat sulit jika ingin cahaya terang normal. Cara terakhir adalah mengubah sistem arus listrik,” kata Viray.

Source : www.tekniktechno.com

Artikel Kata Kunci:

  • cara mnjalakan lampu motor
READ  Bintang Senin ini, 12 September 2022

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi