5 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Android

5 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Android

Cara mengatasi sinyal hilang di hp android – Hilangnya sinyal pada smartphone yang kita miliki terkadang membuat kita marah. Sinyal dapat dianggap sebagai salah satu faktor penting di era digital saat ini. Tanpa sinyal kita tidak bisa terkoneksi dan pastinya kita tidak akan bisa mengakses banyak hal melalui internet.

Bagaimana jika sinyal di ponsel kita tiba-tiba hilang? Tentu akan sangat membosankan kan, apalagi saat kita sedang menonton film di streaming atau di Youtube.

Namun, Anda santai saja. Berikut ini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi sinyal hilang dengan mudah di ponsel Android. Cara mengatasi sinyal hilang yang akan kita bahas disini bisa diterapkan pada setiap merk smartphone Android yang Anda miliki. Jadi bagaimana Anda melakukannya? Langsung saja kita simak cara mengatasi sinyal hilang di hp android yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Android Dengan Mudah
Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Android Dengan Mudah

Namun sebelum kita membahas topik utama kali ini, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebab hilangnya sinyal tersebut? Biasanya ada beberapa faktor penyebab hilangnya sinyal pada smartphone Android, seperti:

  • Posisi kami berada di luar jangkauan area jaringan
  • faktor iklim
  • Perbaikan jaringan oleh operator
  • Terjadi kerusakan pada perangkat keras smartphone
  • Ada beberapa aplikasi atau mungkin perangkat lunak yang mengalami masalah
READ  Pengumuman Lokasi Ujian Cpns Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2020

Baca juga: Cara daftar mulus Wifi.id 10K per bulan

Masalah yang menyebabkan hilangnya sinyal pada ponsel Android di atas dapat diatasi dengan beberapa cara, yang dapat Anda lihat di bawah ini:

Cara mengatasi sinyal hilang di hp android

Ketika sinyal smartphone Anda tiba-tiba menghilang, pertama-tama kita harus menemukan titik masalahnya. Bisa jadi masalahnya ada di kedua kartu SIM atau salah satu providernya bermasalah dan bisa juga smartphone itu sendiri yang bermasalah.

Nah, untuk memeriksa apakah kartu SIM bermasalah atau tidak, cara termudah adalah dengan melepas kartu SIM dan memasangnya di ponsel lain.

Jika kartu SIM tidak berfungsi di telepon lain dan juga tidak menunjukkan indikator sinyal, maka kartu SIM bermasalah. Begitu pula sebaliknya, jika SIM card masih berfungsi dengan baik di ponsel lain, bisa jadi smartphone Anda yang bermasalah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mulai ulang Samrtphone

mulai ulang ponsel cerdas
mulai ulang ponsel cerdas

Ini adalah cara yang paling mudah dan juga paling praktis, yaitu ketika Anda me-restart smartphone Android Anda, ponsel akan secara otomatis memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Restart handphone juga dapat menyelesaikan beberapa masalah yang ada pada smartphone android yang kita miliki.

READ  NBA 2K23 Mobile Unduh APK Android dan Perangkat iOS

2. Mode Pesawat

Mode pesawat
Mode pesawat

Cara mengatasi signal loss di hp android second adalah dengan mode pesawat. Diamkan sebentar lalu nyalakan kembali. Metode ini bisa sangat berguna untuk smartphone yang mencari jaringan baru yang lebih stabil dan bagus.

3. Periksa pemasangan kartu SIM

Periksa pemasangan kartu SIM
Periksa pemasangan kartu SIM

Sekarang cara ketiga adalah memeriksa pemasangan kartu SIM. Jika indikator sinyal tidak muncul, coba pastikan kartu SIM terpasang dengan benar di slot. Pemasangan kartu SIM yang salah dapat menyebabkan indikator sinyal menghilang. Anda juga dapat membaca cara memperbaiki sinyal sumbu yang hilang di artikel sebelumnya

4. Cari Jaringan Secara Manual

Cari jaringan secara manual
Cari jaringan secara manual

Sekarang untuk yang berikutnya, yaitu memilih jaringan secara manual. Caranya mudah, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan jaringan, Pengaturan >> Jaringan & Koneksi > Jaringan Seluler > Pilih Operator > Pilih Otomatis. Smartphone kemudian akan mencoba untuk terhubung ke jaringan yang telah terdeteksi.

READ  Kode Cabang BCA 7425 - INDEK-NEWS.COM

5. Sinyal radio buruk

sinyal radio buruk
sinyal radio buruk

Dan cara memperbaiki sinyal yang hilang di hp android terbaru adalah dengan cara mengecek apakah sinyal radio di hp tersebut mentransmisikan sinyal dengan benar atau tidak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan kode *#*#4636#*#* dan menekan call. Setelah itu akan muncul menu dan pilih Phone Information.

Mengatasi sinyal radio yang buruk
Mengatasi sinyal radio yang buruk

Kemudian pilih Run Ping Test, scroll ke bawah dan pilih Automatic LTE/GSM (PRL). Dan tekan tombol Matikan radio. Jika semua proses sudah selesai, Anda dapat me-restart smartphone Anda dan melihat perubahannya, periksa kondisi jaringan smartphone Anda.

Baca juga: Cara mengkonfigurasi Telkomsel Tweakware

Nah itulah beberapa cara mengatasi sinyal hilang di hp android yang mudah dan bisa anda praktekkan di rumah saat sinyal hp anda tiba-tiba hilang.

Jika Anda adalah pengguna provider Telkomsel, cara mengatasi sinyal telkomsel yang hilang Anda juga dapat melakukan ini dengan memeriksa pemasangan kartu SIM Anda. Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, cukup sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Source : lintasduluu.com

You May Also Like

About the Author: Omar Dzaki Khawarizmi